MENGUKUR KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM E-LEARNING ICT DI UNIVERSITAS TRINITA MENGGUNAKAN MODEL HOT-FIT
Keywords:
ICT_E-learning, HOT-Fit_Model, Implementation_Success, SEM_PLS_AnalysisAbstract
Berhasilnya pelaksanaan sistem informasi e-learning ICT dapat dilihat dari beberapa aspek utama yaitu manusia, organisasi dan teknologi yang dipengaruhi oleh penyelenggara pendidikan administrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta partisipasi antar pendidik dan peserta didik yang akan menjadi pengguna dari E-learning tersebut, untuk mengukur keberhasilannya, dilakukan dengan observasi dengan menggunakan metode HOT-Fit. E-learning bertujuan untuk mengatasi kesenjangan antar peserta didik dan pendidik tidak harus berada disatu ruangan tertentu bahkan dalam hal waktu, e-learning menjadi baru didunia pembelajaran diberbagai lembaga pendidikan dan pelatihan di Universitas untuk meningkat seiring dengan perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu HOT-Fit yang termasuk jenis penelitian kualitatif. Hot-Fit ini melibatkan 3 faktor utama yaitu manusia, organisasi, teknologi yang di topang dengan 8 variabel yaitu penggunaan sistem (PS), Kepuasan pengguna (KP), Struktur Organisasi (SO), Lingkungan Organisasi (LO), Kualitas Sistem (KS), Kualitas Informasi (KI), Kualitas Layanan (KL), dan Manfaat(M). yang dimana nantinya data akan dikumpulkan melalui pembagian kuisioner dan diolah menggunakan Analisis SEM PLS.
Hasil penelitian diperoleh dari 16 hipotesis awal ada 8 hipotesis yang diterima atau dengan kata lain 8 hipotesis ini memliki konstribusi secara positif antar variabel. dan 8 hipotesis yang tidak diterima dengan kata lain tidak berkonstribusi secara positif yang menunjukan bahwa meskipun belum sempurna tapi pengguna sudah cukup puas dengan penerapan sistem e-learning ICT di Universitas Trinita