ANALISIS EFEKTIVITAS WHATSAPP SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK SKINCARE GARNIER DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KOTA MANADO
Keywords:
efektivitas, whatsapp_selling, penjualan, skincareAbstract
Penjualan online saat ini berkembang dengan pesat. Apalagi disaat pandemi covid-19 yang saat ini terjadi di tengah-tengah kehidupan kita. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berbelanja online, mulai dari biaya yang lebih murah, kualitas barang, kepercayaan, sampai dengan faktor lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh whatsapp selling terhadap volume penjualan produk skincare garnier pada masa pandemic covid-19 dikota Manado. Penelitian dilakukan pada PT.L’OREAL INDONESIA cabang Manado dengan populasi adalah semua konsumen yang membeli produk Garnier yang berbelanja online melalui whatsapp selling. Jumlah sampel penelitian adalah 100 konsumen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh variable X yaitu Efektivitas Whatsapp selling terhadap variable Y yaitu Volume penjualan produk Garnier di kota Manado. Variabel bebas Efektivitas Whatsapp selling memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (Volume Penjualan) yaitu sebesar 0,586 x 100 % = 58,6 %. Persamaan regresi linier yang dihasilkan adalah Y = 13,208 + 0,843X. Konstanta sebesar 13,208 mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel efektivitas whatsaap yaitu sebesar 13,208. Koefisien regresi X sebesar 0,843 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai variabel efektivitas whatsapp maka nilai volume penjualan bertambah sebesar 0,843. Koefisien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.